Single Blog Title

This is a single blog caption
30 Jul 2019

Reservoir Engineering

/
Posted By

Kelompok Keilmuan (KK) Teknik Reservoir, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Institut Teknologi Bandung, merupakan kelompok keilmuan yang memiliki visi untuk menjadi kelompok ilmiah/ilmuwan yang melakukan kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pembinaan sumberdaya manusia berpengetahuan teknik reservoir untuk melestarikan, menerapkan, dan mengembangkan ilmu teknik reservoir yang menunjang pengembangan ilmu teknik perminyakan.

 

KK Teknik Reservoir mengkaji suatu reservoir migas agar dikarakterisasi dengan baik sehingga nantinya dapat diproduksikan dan diperoleh recovery yang maksimal. Dalam mencapai hal itu, bidang ilmu KK Teknik Reservoir banyak bergerak di hulu, meliputi karakterisasi batuan & fluida reservoir, peningkatan perolehan minyak lanjut (Enhanced Oil Recovery),  unconventional hydrocarbon dan modeling & simulasi reservoir.

 

KK Teknik Reservoir mengembangkan keilmuan sesuai dengan kebutuhan akan keilmuan Teknik Reservoir pada level akademik dan industri, baik berupa materi dasar perkuliahan maupun penerapan langsung pada kondisi riil di lapangan. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh KK Teknik Reservoir berbasis pada kasus lapangan maupun pengembangan ilmu yang sudah ada. Banyak sekali penelitian-penelitian KK Teknik Reservoir yang telah diaplikasikan langsung di industri sebagai bagian dari problem solving untuk permasalahan yang terjadi di lapangan.